Pengaruh metode bermain peran terhadap peningkatan percaya diri pada anak usia pra sekolah (4-5 tahun) di pendidikan anak usia dini insan harapan klaten

Rafida Wahyu Tri Utami, Moh Hanafi

Abstract


Metode bermain peran adalah salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak usia pra sekolah. Pendidikan usia pra sekolah (4-5 tahun) merupakan pendidikan paling mendasar, hal ini merupakan rentang kritis untuk tahapan selanjutnya. Bermain peran atau disebut pura-pura mempunyai sifat edukatif.Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh bermain peran terhadap peningkatan percaya diri sebelum dan sesudah dilakukan bermain peran. Penelitian ini menggunakan metode Pra Eksperimen dengan one group pre test post test. Sasaran penelitian adalah anak pra sekolah yang berusia 4-5 tahun Insan Harapan di Klaten. Jumlah sampel sebanyak 20 orang dengan menggunakan uji Shapiro-wilk sebagai uji statistik. Setelah dilakukan tindakan bermain peran anak yang memiliki percaya diri tinggi lebih banyak yaitu 12 anak (60%), dan anak percaya diri sedang yaitu 8 anak (40%). Hasil penelitian diperoleh p value = 0,000 dan hasil analisis tes statistik uji Wilcoxon p ≤ 0,05 artinya ada perbedaan bermakna rasa percaya diri sebelum dan sesudah dilakukan bermain peran.Terdapat pengaruh yang signifikan antara bermain peran dengan peningkatan rasa percaya diri pada anak usia pra sekolah (4-5 tahun) pendidikan anak usia dini di Insan Harapan Klaten.

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.20884/1.jks.2017.12.2.694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.