Training manajemen demam di rumah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan ibu/pengasuh

Haryatiningsih Purwandari, Meivita Dewi Purnamasari, Galih Noor Alivian

Abstract


Demam merupakan masalah yang umum terjadi pada balita dan dapat menimbulkan masalah serius pada anak. Fakta di lapangan menunjukkan pengetahuan dan ketrampilan orangtua dalam penatalaksanaan demam masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh training manajemen demam di rumah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan ibu dalam perawatan demam pada anak. Penelitian menggunakan desain pra eksperimen dengan pre and posttest pada satu kelompok. Sampel adalah ibu/ pengasuh balita dengan riwayat demam dan mengikuti kegiatan di Posyandu Kencanasari I, Desa Kutasari, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas. Sampel diambil secara purposive sampling sejumlah 30 responden. Instrumen yang digunakan kuesioner dan lembar observasi. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan pengetahuan dan ketrampilan sebelum dan setelah mengikuti training manajemen demam (p=0, 00; p=0, 00). Pengetahuan responden meningkat 11.5 atau 15, 1%, dan ketrampilan meningkat sebesar  36.13 atau 137.5%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif metode pelatihan kesehatan yang dapat dipilih oleh Puskesmas atau tenaga kesehatan.


Keywords


balita; demam;ibu;pengasuh;training

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahronheim, S. R., McGillivray, D., Barbic, S., Barbic, D., Klam, S., Brisebois, P., . . . Nemeth, J. (2015). Expectant Parents’ Understanding of the Implications and Management of Fever in the Neonate. PLoS ONE, 10(4), 1-10. doi: 10.1371/journal.pone.0120959

Al-Eissa, Y. A., Al-Sanie, A. M., Al-Alola, S. A., Al-Shaalan, M. A., Ghazal, S. S., Al-Harbi, A. H., & Al-Wakeel, A. S. (2000). Parental perceptions of fever in children. Ann Saudi Med, 20(3-4), 202-205.

Ayatollahi, J., Behjati, M., & Shahcheraghi, S. H. (2014). Mother's knowledge, perception and management of fever in children. Pedijatrija Danas: Pediatrics Today, 10(1), 14-17. doi: 10.5457/p2005-114.84

Baltzell, K., Elfving, K., Shakely, D., Ali, A. S., Msellem, M., Gulati, S., & Mårtensson, A. (2013). Febrile illness management in children under five years of age: a qualitative pilot study on primary health care workers' practices in Zanzibar. Malaria Journal, 12(1), 1-10. doi: 10.1186/1475-2875-12-37.

de Bont, E. G. P. M., Loonen, N., Hendrix, D. A. S., Lepot, J. M. M., Dinant, G.-J., & Cals, J. W. L. (2015). Childhood fever: a qualitative study on parents' expectations and experiences during general practice out-of-hours care consultations. BMC Family Practice, 16(1), 1-9. doi: 10.1186/s12875-015-0348-0.

Edelman, C. L., & Mandle, C. L. (2010). Health promotion throughout the life span ( 7th Eds.) St.Louis, MI: Mosby Inc.

Fery, R. (2014). Fever in children: Self care at home. Retrieved October, 30, 2014, from http://www.emedicinehealth.com/fever_in_children/page6_em.htm.

Halbert, J., Shingadia, D., & Zuckerman, J. N. (2014). Fever in the returning child traveller: approach to diagnosis and management. Archives of Disease in Childhood, 99(10), 938-943. doi: 10.1136/archdischild-2012-303196.

Hockenberry, M. J., & Wilson, D. (2007). Wong’s Nursing Care of Infants and Children St. Louis: Mosby-Elsevier.

McHugh., M. L. (2012). Interrater reliability: the kappa statistic. Biochem Med (Zagreb), 22(3), 276-282.

NICE. (2013). NICE issues updated guidance to help assess children running high temperatures. Retrieved October, 30, 2013, from https://www.nice.org.uk/guidance/cg160/resources/nice-issues-updated-guidance-to-help-assess-children-running-high-temperatures.

Parmar, R. C., Dahu, D. R., & Bavdekar, S. B. (2001). Knowledge, attitude and practices of parents of children with febrile convulsion. JPGM, 47(1), 19-23.

Singhi, S., Chaudhary, D., Varghese, G. M., Bhalla, A., Karthi, N., Kalantri, S., . . . Rungta, N. (2014). Tropical fevers: Management guidelines. Indian Journal of Critical Care Medicine, 18(S1), 62-69. doi: 10.4103/0972-5229.126074.

Sumantri, S. (2000). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. Bandung: Fakultas Psikologi Unpad.

Van Wanrooij, M. M., Bremen, P., & Van Opstal, A. J. (2010). Acquired prior knowledge modulates audiovisual integration. European Journal of Neuroscience, 31(10), 1763-1771. doi: 10.1111/j.1460-9568.2010.07198.x

Writer, A. M. (2014). Use antipyretics for at-home management of children with low-risk fever and distress. Drugs & Therapy Perspectives, 30(12), 422-425. doi: 10.1007/s40267-014-0166-9




DOI: http://dx.doi.org/10.20884/1.jks.2015.10.3.597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.