Hubungan Antara Dukungan Suami Dengan Tingkat Kecemasan pada Ibu Primigravida Trimester III dalam Menghadapi Persalinan

Mukhadiono, Widyo Subagyo, Dyah Wahyuningsih

Abstract


Tingkat kecemasan primigravida dalam menghadapi persalinan umumnya lebih tinggi dari pada wanita yang sudah hamil untuk kedua kalinya dan seterusnya. Dukungan orang terdekat, terutama suami sangat penting untuk mengurangi kecemasan primigravida. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara dukungan suami dengan tingkat kecemasan primigravida pada trimester ketiga dalam menghadapi persalinan. Penelitian mengunakan metode cross-sectional. Populasi adalah primigravida di trimester ketiga. Sampel diambil secara random pada bulan September sampai Oktober 2013  di Puskesmas Kembaran II. Instrumen penelitian yang digunakan kuesioner. Analisis data menggunakan Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden (91,1%) menyatakan bahwa suami memberikan dukungan yang tinggi kepada istrinya yang sedang hamil. Dukungan ini memberikan kontribusi positif terhadap suasana psikologis ibu hamil, terutama untuk mengurangi tingkat kecemasan yang muncul pada kehamilan pertama. Semua responden mengalami kecemasan pada trimester ketiga. Mayoritas (60,7%) mengalami kecemasan yang parah, diikuti oleh kecemasan sedang (33,9%), dan hanya 5,4% yang mengalami kecemasan ringan. Hasil analisis Chi-Square menunjukkan hubungan yang signifikan antara dukungan suami dengan tingkat kecemasan primigravida pada trimester ketiga dalam menghadapi persalinan dengan nilai p 0,027. 


Keywords


primigravida;kecemasan;dukungan suami

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Bahiyatun. (2010). Buku ajar bidan psikologi ibu dan anak. Jakarta: EGC.

Kristina, B. (2005). Hubungan dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan pada ibu primigravida. Semarang: Stikes Ngudi Waluyo Ungaran.

Herlina, Peny. (2011). Hubungan peran serta suami dengan tingkat kecemasan ibu hamil primigravida. Surakarta: Stikes Aisyiyah Surakarta.

Hidayatul, K. & Alfaina, W. (2007). Perbandingan tingkat kecemasan primigravida dan multigravida dalam menghadapi persalinan di wilayah kerja puskesmas wirobrajan. http://publikasi.umy.ac id/index.php/penddokter/article/ view/ 4771/4078.

Setiadi. (2008). Konsep dan proses keperawatan keluarga. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Stuart & Sundeen. (2003). Buku saku keperawatan jiwa. Jakarta: EGC.

Suliswati, T, A. Jeremia, M., Yenny, S., Sumijatun. (2005). Konsep dasar keperawatan kesehatan jiwa. Jakarta: EGC.

Susanti, N. (2008). Psikologi kehamilan. Jakarta: EGC.

Taufik. (2010). Psikologi untuk Kebidanan. Surakarta: Eastview.

Tursilowati dan Sulistyorini. (2007). Pengaruh peran serta suami terhadap tingkat kecemasan ibu hamil dalam menghadapi proses persalinan. Yogyakarta: Jurnal Kesehatan Surya Medika.

Wilkinson. (2007). Buku saku diagnosa keperawatan. Jakarta: EGC.




DOI: http://dx.doi.org/10.20884/1.jks.2015.10.1.592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.