Hubungan Pengetahuan dan Sikap Terhadap Kesehatan Reproduksi Remaja di SMK Mandiri Cirebon

Badriah Badriah, Santi Wahyuni, Zaitun Zaitun

Abstract


Latar Belakang: Besarnya jumlah penduduk dan tingginya perkawinan usia remaja menyebabkan Indonesia terancam mengalami ledakan penduduk, akibat dari tingginya angka kelahiran usia remaja yaitu 48 per 1.000 jumlah kelahiran Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap tentang kesehatan reproduksi remaja Di  SMK Mandiri Kabupaten Cirebon. Metoda: Desain penelitian kuantitatif, menggunakan desain deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional untuk mengidentifikasi ada tidaknya hubungan antara variabel independen yaitu pengetahuan tentang kesehatan reproduksi remaja dengan variabel dependen yaitu sikap remaja terhadap kesehatan reproduksi. Hasil : Hasil uji statistik tidak ada hubungan antara pengetahuan dan sikap tentang kesehatan reproduksi remaja dengan OR 1.401 dimana pengetahuan yang  baik mempunyai peluang  1,4 kali untuk mempunyai sikap yang positif. Simpulan dan saran: Tidak ada hubungan antara pengetahuan dan sikap tentang kesehatan reproduksi remaja

 


Keywords


KRR;remaja;reproduksi;pengetahuan;sikap

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Azwar, S. (2011). Sikap manusia teori dan pengukurannya. Edisi ke 2. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Fahmi Dailil, Sjaiful. (2011). Infeksi menular seksual. (Edisi. 4, Cetakan ke-2). Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Kemenkes RI (2006). Pencegahan dan Penularan HIV/AIDS & IMS, diakses pada 03 Oktober 2013 dari www.depkes.go.id/Ditjen-PP&PL/HIV/AIDS&IMS-pencegahan-dan-penularan.

_____. (2011). Prevalensi IMS. Diakses pada 03 Oktober 2013 dari www.depkes.go.id/Ditjen-PP&PL/IMS&ISR-prevalensi-ims.

Kompas. Pengetahuan kesehatan reproduksi remaja masih rendah (Jakarta, 04 Maret 2013). Diakses pada 23 September 2013.

Kusmiran, Eny. (2011). Kesehatan reproduksi remaja dan wanita. Jakarta: Salemba Medika.

Laksmiwati, IAA. ( 2000). Transformasi sosial dan perilaku reproduksi remaja. Denpasar: Universitas Udayana.

Notoatmodjo, S. (2010). Promosi kesehatan dan aplikasi, Edisi revisi.

Perinasia (Perkumpulan Perinatologi Indonesia). (2013). Kumpulan materi presentasi dan bahan bacaan: kesehatan reproduksi remaja.

Pusat Informasi Remaja Indonesia.(2014). Informasi kesehatan reproduksi remaja, http://www.rumahremaja.com, tanggal diakses 5 Januari 2014).

Roumauli, Suryati & Vindari, Anna V. (2009). Kesehatan reproduksi untuk mahasiswa kebidanan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Sarwono, S.W. (2010). Psikologi remaja. Jakarta: Rajawali Pers.

Suryani N, R..L, dan Kosasih. (2006). Hubungan antara pengetahuan tentang pencegahan HIV/AIDs dengan sikap remaja terhadap pencegahan HIV/AIDS di SMU Pasundan Bandung. Jurnal Keperawatan Unpad, 8(14).

Widjanarko. (2002). Konsep informasi reproduksi remaja. diakses pada tanggal 20 Januari 2014 dari http://www.pikiranrakyat.com.

Wiraharja, Regina Satya. (2003). Kesehatan reproduksi. Jakarta: Reproductive Health Program Faculty of Public Health University of Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.20884/1.jks.2015.10.1.589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.