Implementasi Multi Source Feedback Untuk Mengevaluasi Professional Behaviour Mahasiswa Di Keperawatan Komunitas

Fatikhu Yatuni Asmara

Abstract

Professional behavior (PB) merupakan salah satu kompetensi yang harus dicapai oleh mahasiswa keperawatan sehingga harus ada metode evaluasi yang digunakan untuk menilai pencapaian kompetensi tersebut. Multi Source Feedback (MSF) adalah salah satu metode yang digunakan untuk menilai PB mahasiswa kedokteran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi bagaimana implementasi MSF yang digunakan untuk menilai PB mahasiswa keperawatan. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah 35 responden yang terdiri dari mahasiswa keperawatan dan perawat. Responden dipilih berdasarkan total sampling. Data dikumpulkan dengan 2 pendekatan, yaitu: kuantitatif dan kualitatif. Mann-Whytney U digunakan untuk menganalisa data kuantitaif dengan tujuan melihat perbedaan distribusi dua kelompok, mahasiswa dan perawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MSF efektif digunakan untuk menilai PB mahasiswa Kelebihan MSF adalah melibatkan banyak sumber untuk menilai dan menggunakan dua tipe feedback yaitu skala dan narasi. Adapaun kelemahan yang dimiliki metode MSF adalah penjelasan skor terutama skor 3 dan 4, item penilaian berupa berpikir kritis, penghargaan terhadap pencapaian, caring perlu ditambahkan.

Keywords

mahasiswa;keperawatan;Multi Source Feedback (MSF);Professional Behaviour (PB)

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Archer, J. (2008). The Educational Impact of the Sheffield Peer Review Assessment instrument (SPRAT). Thesis Dissertation.

Asmara, F.Y. (2013). The Implementation of Multi Source Feedback (MSF) to assess Professional Behaviour (PB) of nursing students in clinical setting. [Unpublished master

thesis]. Mastricht: Maastricht University, The Netherland.

Burford, B., Illing, J., Kergon, C., Morrowi, G.., Livingston M. (2010). User perception of multi source feedback tool for junior doctor. Medical Education.(44): 165-176.

Creswell, J.W. (2012). Educational Research: Planning, conducting,and evaluating quantitative andqualitative research. (pp. 140-235). Boston: Pearson.

Davies, H. & Archer, J.(2005). Multi source feedback: development and practical aspects. The Clinical Teacher 2 (2): 77-81.

Davis, M.H., Ponamperuma, G.G. & Wall, D. (2009). Workplace-based assessment. In: Dent, J.A & Harden, R.M. (eds). A practical guide for medical teachers.Edinburgh: Elsevier Limited.

Epstein, R. M. (2007). Assessment in medical education. N Engl J Med, 356(4): 387-396.

Fraenkel, J.R. & Wallen, N.E. (2010). Chapter 18: The nature of qualitative research. In How to design and evaluate research in education. 7th edition. (pp. 146-498). New York: McGraw-Hill Companies.

Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSS. 3rd edition. London: SAGE Publication.

Holmboe, E.S., Sherbino, J., Long, D.M., Swing, S.R. & Frank, J.R. (2010). The role of assessment in competency-based medical education. Medical Teacher, 32, 676–682.

Polit, D.F. & Hungler, B.P. (1987). Chapter 10: Some additional types of research. In Nursing Research: principles and methods. 3rd edition. (pp. 158-163).Philadelphia: J. B. Lippincott Company.

Speth-Lemmens, I. (2009). Assessing professional behaviour of students in preclinical and clinical setting [Unpublished master thesis].Maastricht: University of Maastricht, The Netherlands.

Tiwari, A., Aveny, A., Lai, P. (2003).Critical thinking deposition of Hongkong Chinese and Australian nursing. Journal of Advanced Nursing, 44 (3): 298-307.

Van Mook, W. N. K. A., Van Luijk, S. J., O’Sullivan, H., Wass, V., Schuwirth, L. W., Van der Vleuten, C. P. M. (2009a). General consideration regarding assessment of professional

behaviour. European Journal of Internal Medicine, 20: e90-e95.

Van Mook, W.N.K.A., Gorter, S.L., Van Luijk, S.J., O’SulliVan, H., Wass, V., Schuwirth, L. W., Van der Vleuten, C. P. M. (2009b). Approaches to professional behaviour assessment: Tools in the professionalism tool box. European Journal of Internal Medicine, 20: e153-e157.

Van Tartwijk, J. van & Driessen, E. W. Portfolios for assessment and learning: AMEE guide no. 45 Medical Teacher. 2009. 31: 790-801.

Wood, L., Hassel, A., Whitehouse, A., Bullock, A., Wall, D. (2006). A literature review of multi-source feedback systems within and without health services, leading to 10 tips for their successful design. Medical Teacher, 28 (7): e185– e191.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.