Model Strategi Switching Barriers Untuk Loyalitas Pasien Berbasis Perilaku Caring Perawat

Dodi Wijaya

Abstract

Strategi pengelolaan untuk menciptakan loyalitas pasien dapat dilakukan melalui strategi “switching barriersâ€. Strategi switching barriers  dapat dibentuk dengan pendekatan perilaku caring perawat. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan model strategi switching barriers untuk loyalitas pasien berbasis perilaku caring perawat. Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis pendekatan cross sectional. Sampel diambil dari pasien rawat inap RS. Paru pada bulan Nopember – Desember 2013 yang berjumlah 100 pasien. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpul data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan Uji Chi Squre ( p < 0,05 ) dan Uji Regresi Logistik Ganda. Hasil penelitian menunjukkan loyalitas pasien 68% tergolong loyalitas cenderung baik. Perilaku caring perawat dipersepsikan pasien 72% tergolong perilaku caring baik. Ada hubungan yang signifikan antara perilaku caring perawat dengan loyalitas pasien di Rawat Inap Rumah Sakit Paru Jember ( p = 0,000). Sub variabel perilaku caring  perawat yang paling berhubungan dengan loyalitas pasien adalah menanggapi dengan rasa hormat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi rekomendasi bagi Rumah Sakit Paru untuk meningkatkan penerapan perilaku caring perawat

Keywords

perilaku caring perawat; loyalitas pasien; strategi Switching Barriers

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Basford, Lynn & Slevin, Oliver., 2006. Teori dan Praktik Keperawatan Pendekatan Integral pada Asuhan Pasien. Alih bahasa oleh Agung Waluyo. Jakarta: EGC

Blais, Kathleen Koenig, et al., 2006. Praktik Keperawatan Profesional: Konsep & Perspektif. Alih bahasa oleh Yuyun Yuningsih dan Nike Budhi. Jakarta: EGC

Fajrianthi dan Farrah, Zatul., 2005. Strategi Perluasan Merek dan Loyalitas Konsumen, (Online), (http://journal.unair.ac.id/filerPDF/06%20-%20Strategi%20Perluasan%20Merek%20dan%20Loyalitas%20Konsumen,pdf., diakses tanggal 12 Mei 2013, jam 12.30 WIB).

Griffin, Jill., 2003. Customer Loyality: menumbuhkan dan memperthankan kesetiaan pelanggan. Jakarta: Erlangga

Handayani., 2010. Kekuatan Word of Mouth (WOM) Dalam Strategi Pemasaran, (Online), (http://ejurnal.stiedharmaputra-smg.ac.id/index.php/DE/article/view/62/63 diakses tanggal 21 Desember 2013, jam 23.30 WIB).

Hirdinis., 2009. Kepuasan dan Loyalitas Konsumen, (Online), (kk.mercubuana.ac.id/files/31023-5-588725425793.doc. diakses tanggal 20 Mei 2013 jam 19.15 WIB).

Labrague, L.J., 2012. Caring Competencies of Baccalaureate Nursing Students of Samar State University, (Online), (http://www.sciedu.ca/journal/index.php/jnep/article/download/716/746 diakses tanggal 20 Mei 2013 jam 20.30 WIB).

Morrison, Paul & Burnard, Philip., 2008. Caring & Communicating: Hubungan Interpersonal Dalam Keperawatan.Ed.2. Jakarta: EGC.

NMAHP, 2011. Caring The Concept, Behaviours, Influences, and Impact. (Online) (http://www.knowledge.scot.nhs.uk/media/CLT/ResourceUploads/1012888/Caring,%20concept,%20behaviours,%20influences%20and%20impact26.pdf., diakses tanggal 20 April 2013 jam 21.30 WIB).

Potter, P.A dan Perry, A.G., 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, dan Praktik. Volume I Edisi 4. Alih bahasa oleh Yasmin Asih, dkk. Jakarta: EGC.

Rahman, Melinda., 2013. Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Loyalitas Pasien di Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Paru Jember. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Jember.

Rangkuti, F., 2002. Customer Satisfaction. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Siswoyo, B.E dan Supriyanto, S., 2013. Strategi Switching Barriers Untuk Loyalitas Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Muhammadiyah Surabaya. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia Vol. 1 No. 1 Januari – Maret 2013.

Supriyanto, S dan Ernawaty., 2010. Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F., 2008. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi Offset.

Tung, et al., 2011. Promotion, Switching Barriers and Loyality. Australian Journal of Business and Management Research. 1(2) Pingtung: National Pingtung Institute of Commerce, (Online), (http://www.ajbmr.com/articlepdf/ajbmr_v01n02_03.pdf., diakses tanggal 12 Mei jam 12.45 WIB).

Watson, Jean., 2009. Assessing and Measuring Caring in Nursing and Health Sciences, 2nd ed. New York: Springer Publishing Company.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.