Patients’s Satisfaction with Nursing Communication (Therapeutic Communication) on Adult Medical Surgical Wards at Prof.DR. Margono Soekarjo Hospital of Purwokerto, Central Java, Indonesia

Asrin, Phil Maude

Abstract

Dalam praktek keperawatan, komunikasi adalah suatu alat yang penting untuk membina hubungan terapeutik dan dapat mempengaruhi kualitas pelayanan keperawatan. Lebih jauh, komunikasi sangat penting karena dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan. Dilain sisi, penyebab sumber ketidakpuasan pasien sering disebabkan karena jeleknya komunikasi yang terjadi dengan pasien. Oleh karena itu pengukuran kepuasan pasien terhadap komunikasi terapeutik perawat akan bermanfaat dalam memonitor dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, khususnya untuk meningkatkan pelayanan keperawatan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi persepsi pasien terrhadap kemampuan komunikasi verbal dan nonverbal perawat, tingkat kepuasan pasien terhadap komunikasi keperawatan, dan tingkat kepuasan pasien terhadap komunikasi keperawatan berdasarkan kelompok demografis (gender, umur, dan tingkat pendidikan). Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto, Prov. Jawa Tengah. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 242 pasien yang dirawat di bangsal bedah dalam (n = 242).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi yang tidak efektif masih terjadi dalam praktik perawat sehari-hari di Rumah Sakit Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Namun, mayoritas pasien merasa puas terhadap percakapan yang mereka lakukan dengan perawat. Berdasarkan kelompok demografis, pasien perempuan cenderung merasa lebih puas dibandingkan pasien pria terhadap komunikasi keperawatan, pasien yang lebih tua memberikan respon kepuasan yang lebih dibanding pasien muda, dan pasien dengan pendidikan rendah cenderung memberikan respon yang positif dalam berkomunikasi dengan perawat

Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.