Penurunan Ansietas Dalam Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa Kelas XII SMAN X Melalui Pemberian Terapi Suportif
Abstract
Penelitian bertujuan menjelaskan pengaruh terapi suportif terhadap ansietas siswa dalam menghadapi UN. Menggunakan desain quasi experiment pre-post test with control group. 82 sampel dipilih secara purposive sampling. Instrumen berupa kuesioner data demografi dan pengukuran skala ansietas yang valid dan reliabel. Analisis data menggunakan independent ttest, dependent t-test dan regresi linier ganda. Hasil menunjukkan penurunan ansietas pada kedua kelompok (p-value 0,000 < α 0,025) dengan selisih score ansietas kelompok intervensi (0,821) dan kelompok kontrol (0,454). Penurunan ansietas dipengaruhi oleh terapi suportif, jenis kelamin dan penghasilan orang tua, dengan peluang perubahan 27,9%. Terapi direkomendasikan untuk mengatasi ansietas pada siswa yang menghadapi UN.
Full Text:
PDF (Indonesian)Refbacks
- There are currently no refbacks.