Pengaruh Edukasi Apoteker Terhadap Sikap dan Pengetahuan Perawat tentang Pencampuran Sediaan Parenteral

Laksmi Maharani, Anisyah Achmad, Esti Dyah Utami

Abstract

Pencampuran sediaan parenteral memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah kemungkinan terjadinya inkompatibilitas farmasetika, farmakokinetika ataupun
farmakodinamika. Pelaksanaan pencampuran sediaan parenteral selama ini masihdilaksanakan oleh perawat yang menangani pasien secara langsung, sehingga perlu adanya edukasi terhadap perawat mengenai pencampuran sediaan parenteral. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional melalui pengumpulan data pretest-postest design dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan metode Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa edukasi apoteker kepada perawat Rumah Sakit Tentara (RST) Wijaya Kusuma memiliki pengaruh terhadap peningkatan sikap dan peningkatan pengetahuan tentang pencampuran sediaan parenteral (T=5 < 27-144, CI 99%). Parameter pengetahuan yang meningkat adalah tentang inkompatibilitas obat, pemahaman bahwa tidak semua obat injeksi bisa dicampurkan dengan infus, dan pencampuran sediaan parenteral harus memperhatikan masalah pH, sedangkan semua parameter sikap mengalami peningkatan.

Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.